Senin, 21 Maret 2022

Tekhnik Promosi Buku

 



Resume  pertemuan ke 28

Tekhnik Promosi Buku

Narasumber       : Akbar Zainudin

Moderator          : Widya Setianingsih

 

Pertemuan malam ke 28 ini dibersamai oleh  bapak Akbar Zainudin, penulis buku Man Jadda Wajada yang masuk  cetakan ke-13 dan telah  beredar 55.000 eksemplar.

Menulis, menulis dan menulis merupakan syarat untuk dapat menjadi penulis seprti yang di katakan oleh penulis terkenal kita yakni bapak Kuntowijoyo.

Sebagai seorang penulis tentunya mengharapkan buku atau karyanya bisa diterbitkan untuk selanjutnya di pasarkan. Agar karya kita dapat terus dapat di pasarkan dengan baik ada beberapa cara promosi agar menjadi best seller yang dapat dilakukan yakni dengan memahami strategi Pemasaran.

Sebelum pembahasan strategi pemasaran yang perlu kita lakukan sebelum menulis adalah menentukan target audiens atau pembaca kita siapa. Karena strategi untuk anak-anak tentu saja berbeda dengan strategi untuk remaja, demikian juga untuk orang tua.

Ada 4 Strategi Pemsaran yang perlu kita ketahui dalam memasarkan karya atau BUku:

1.    STRATEGI PRODUK ; Buku menyesuaikan kebutuhan audience apakah untuk anak-anak, remaja, dewasa atau ibu Rumah Tangga.

2.    STRATEGI HARGA.; Pada dasarnya penentuan harga buku, ada dua strategi. Pertama, adalah harga buku secara umum. Dan Kedua adalah buku dijual dengan harga premium (lebih mahal dibandingkan buku biasa).

3.    STRATEGI DISTRIBUSI; Distribusi secara umum dibagi menjadi dua: distribusi tradisional dan distribusi non tradisional. Distribusi tradisional adalah melalui toko-toko buku, baik toko-toko buku jaringan nasional maupun toko buku lokal.

4.    STRATEGI PROMOSI; Program promosi bisa dilakukan oleh penerbit maupun penulis.

 

    Kegiatan promosi bisa dilakukan oleh penerbit maupun penulis. Beberapa program promosi yang bisa dilakukan; pertama, Launching buku,Kedua, Bedah Buku,Ketiga, melakukan seminar ataupun workshop sesuai dengan tema buku kita,Keempat, membangun komunitas,Kelima, membangun jaringan reseller,Keenam, jualan di marketplace,Ketujuh, memanfaatkan media sosial (Medsos) untuk promosi buku.  


Disamping mengetahui strategi pemasaran perlu juga kita memiliki keterampilan sehingga dapat membantu proses penjualan buku adapun keterampilan tersebut:

1.       Keterampilan berbicara yang baik di depan umum (public speaking).

2.       Kemampuan copywriting (membuat kata menarik untuk promosi dan penjualan).

3.       Pemanfaatan teknologi informasi.

Sebagai  seorang penulis tidak dituntut untuk bisa menulis saja tapi juga harus tau pemasaran dan strategi pemasaran. Hal ini bertujuan agar banyak orang yang mendapat manfaat dari buku atau karya yang kita buat.


4 komentar:

Proofreeding Sebelum Menerbitkan Tulisan

    Pertemuan ke 12 BM 26 Narasumber                  : Susanto,S.Pd Moderator                    : Nur Dwi Yanti   Proofreeding  ...