Resume pertemuan ke 28
Tekhnik Promosi Buku
Narasumber : Akbar Zainudin
Moderator : Widya Setianingsih
Pertemuan malam ke 28 ini dibersamai
oleh bapak Akbar Zainudin, penulis buku
Man Jadda Wajada yang masuk cetakan
ke-13 dan telah beredar 55.000 eksemplar.
Menulis, menulis dan menulis
merupakan syarat untuk dapat menjadi penulis seprti yang di katakan oleh penulis
terkenal kita yakni bapak Kuntowijoyo.
Sebagai seorang penulis tentunya
mengharapkan buku atau karyanya bisa diterbitkan untuk selanjutnya di pasarkan.
Agar karya kita dapat terus dapat di pasarkan dengan baik ada beberapa cara
promosi agar menjadi best seller yang dapat dilakukan yakni dengan memahami
strategi Pemasaran.
Sebelum pembahasan
strategi pemasaran yang perlu kita lakukan sebelum menulis adalah menentukan
target audiens atau pembaca kita siapa. Karena strategi untuk anak-anak tentu
saja berbeda dengan strategi untuk remaja, demikian juga untuk orang tua.
Ada 4 Strategi Pemsaran yang
perlu kita ketahui dalam memasarkan karya atau BUku:
1.
STRATEGI PRODUK ; Buku menyesuaikan kebutuhan
audience apakah untuk anak-anak, remaja, dewasa atau ibu Rumah Tangga.
2.
STRATEGI HARGA.; Pada dasarnya penentuan harga
buku, ada dua strategi. Pertama, adalah harga buku secara umum. Dan Kedua
adalah buku dijual dengan harga premium (lebih mahal dibandingkan buku biasa).
3.
STRATEGI DISTRIBUSI; Distribusi secara umum
dibagi menjadi dua: distribusi tradisional dan distribusi non tradisional.
Distribusi tradisional adalah melalui toko-toko buku, baik toko-toko buku
jaringan nasional maupun toko buku lokal.
4.
STRATEGI PROMOSI; Program promosi bisa dilakukan
oleh penerbit maupun penulis.
Kegiatan promosi bisa dilakukan oleh penerbit maupun penulis. Beberapa program promosi yang bisa dilakukan; pertama, Launching buku,Kedua, Bedah Buku,Ketiga, melakukan seminar ataupun workshop sesuai dengan tema buku kita,Keempat, membangun komunitas,Kelima, membangun jaringan reseller,Keenam, jualan di marketplace,Ketujuh, memanfaatkan media sosial (Medsos) untuk promosi buku.
Disamping mengetahui strategi
pemasaran perlu juga kita memiliki keterampilan sehingga dapat membantu proses
penjualan buku adapun keterampilan tersebut:
1. Keterampilan
berbicara yang baik di depan umum (public speaking).
2. Kemampuan
copywriting (membuat kata menarik untuk promosi dan penjualan).
3. Pemanfaatan
teknologi informasi.
Sebagai seorang penulis tidak dituntut untuk bisa
menulis saja tapi juga harus tau pemasaran dan strategi pemasaran. Hal ini
bertujuan agar banyak orang yang mendapat manfaat dari buku atau karya yang
kita buat.
lanjutkan ke buat buku dan promosikan ...
BalasHapusMenulis buku dan promosikan
BalasHapusTulis bukunya, promosiin penjualannya
BalasHapustrimakasih bapak ibu hebat... semoga bisa terealisasi ..
BalasHapus