Kamis, 30 Juni 2022

PEMASARAN BUKU

 









Resume pertemuan ke-19

Gelombang ke-26

Nara Sumber               : Agus Subardana

Moderator                   : Sigit PN

 

PEMASARAN BUKU

 

Kelas Belajar Menulis (BM) asuhan om jay tanpa terasa sudah memasuki malam ke -19, Pertemuan ini di bersamai oleh moderator  bapak Sigit PN dan narasumber hebat dari Andi Offset bapak Agus Subarana yang mengambil tema tentang Pemasaran Buku.

Narasumber malam ini merupakan karyawan bagian pemasaran yang sudah hampir 18 tahun bergabung di penerbit  Andi Offset Yogyakarta.

Menurut narasumber bahwa selama pandemic covid ini berdampak terhadap industri penerbitan buku selama 2 tahun. Banyaknya toko buku yang tutup dari tahun 2020 sampai denganawal maret 2022.

Sebagai seorang marketing tentunya strategi pemasaran sudah menjadi kegiatan yang tak asing didunianya dan  seudah melanglang buana se nusantara.

Strategfi pemasaran penjualan buku tentunya sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik. Hal ini dapat dilihat dari  jenis-jenis buku yang diterbitkan . Jenis buku yang diterbitkan ini dikelompokkan menjadi katagori buku.Penerbit Andi Offset menerbitkan cukup banyak katagori produk buku yaitu ada 32 katagori buku. Dari jenis kategori ini dilakukan pemetaan berdasarkan segmentasi jenis kategori yang diterbitkan .

Strategi pemasaran buku umumnya dipengaruhi oleh ;

1.   Faktor Mikro yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.

2.   Faktor Makro yaitu demografi, ekonomi, politik, hokum, tekhnologi fisik dan social budaya.

 

Penerbit Andi merupakan penerbit mayor yang tentunya memiliki strategi pemasaran sendiri sehingga buku terbitannya bisa ada di mana-mana.

A.    Strategi pemasaran buku serangan udara (Online)

1.      Pentingnya transportasi digital untuk penjualan buku lewat online. Adapun manfaatnya seperti;

-          Menyebarkan informasi produk secara massif untuk target pasar potensial

-          Mendapatkan konsumen baru dan memepertahankan konsumen yang sudah ada.

-          Menjaga kestabilan penjualan.

-          Menaikkan penjualan dan profit

-          Membentuk citra produk dibenak konsumen.

-          Mengubah tingkah laku8 persepsi dan pendapata konsumen

2.      Pemasaran buku lewat komuniotas.

Gunakanlah jaringan komunitas  kita untuk sarana promosi dan penjualan buku.. Penjualan lewat komunitas akan lebih efektif dan efisien sehingga tingkat keberhasilannya lebih tinggi.

 

B.     Strategi pemasaran buku serangan darat (ofline).

Untuk penetrasi pasar buku  dan dapat menguasai seluruh wilayah nusantara maka kita harus melakukan pemetaan wilayah terlebih dahulu  dengan membuka canbang tiap kota besar  yang memiliki potensi pemasaran sangat baik.

Strategi pemasaran buku serangan darat ini dikelompokkan berdasarkan target pasar yang dituju;

1.      Toko Buku.

2.      Direct selling.

 

Jenis kategori ini dibagi menjadi beberapatarget pasar;

-       Buku pendidikan (buku mata pelajaran utama dan buku pendamping)

-       Buku tulis perguruan tinggi untuk semua mata kuliah.

-       Buku refrensi untuk jenjang TK sampai Perguruan Tinggi.

Dengan pemetaan jenis kategori tersebut penerbit Andi sebagai industri penerbitan buku  melakukan terobosan  pemasaran  dan menempatkan tenaga penjual (sales)di setiap wilayah kota dan kabupaten sehingga memiliki 96 cabang di Indonesia yang tersebar dari Aceh sampai Jayapura

Materi yang disampaikan oleh narasumber dari Andi Offset menambah wawasan peserta tentang penerbit Mayor.Kegiatanpun diakhiri dengan closing statement; Sebagai tenaga pemasaran buku sangat bangga  sebagai ujung tombak  dalam menyebarluaskan karya-karya tulisan ilmu pengetahuan yang sangat berdampak  melalui jalur non formal  ikut serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia..Menulis adalah berjuang. Penulis adalah pahlawan yang akan dikenang selama-lamanya . Lembaran karya adaqlah medan pertempuran, pena adalah senjatanya.”Buku adalah gudang ilmu, kuncinya adalah membaca. Membaca adalah jendela dunia”.

Semoga bermanfaat

 

 

Rusmiyati

Gumi sasak

29 Juni 2022

 

 

 

2 komentar:

Proofreeding Sebelum Menerbitkan Tulisan

    Pertemuan ke 12 BM 26 Narasumber                  : Susanto,S.Pd Moderator                    : Nur Dwi Yanti   Proofreeding  ...