Resume pertemuan ke-19
Gelombang ke-26
Nara Sumber : Agus Subardana
Moderator : Sigit PN
PEMASARAN
BUKU
Kelas Belajar Menulis (BM) asuhan om jay
tanpa terasa sudah memasuki malam ke -19, Pertemuan ini di bersamai oleh
moderator bapak Sigit PN dan narasumber
hebat dari Andi Offset bapak Agus Subarana yang mengambil tema tentang
Pemasaran Buku.
Narasumber malam ini merupakan karyawan
bagian pemasaran yang sudah hampir 18 tahun bergabung di penerbit Andi Offset Yogyakarta.
Menurut narasumber bahwa selama pandemic
covid ini berdampak terhadap industri penerbitan buku selama 2 tahun. Banyaknya
toko buku yang tutup dari tahun 2020 sampai denganawal maret 2022.
Sebagai seorang marketing tentunya
strategi pemasaran sudah menjadi kegiatan yang tak asing didunianya dan seudah melanglang buana se nusantara.
Strategfi pemasaran penjualan buku
tentunya sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik. Hal ini dapat dilihat
dari jenis-jenis buku yang diterbitkan .
Jenis buku yang diterbitkan ini dikelompokkan menjadi katagori buku.Penerbit
Andi Offset menerbitkan cukup banyak katagori produk buku yaitu ada 32 katagori
buku. Dari jenis kategori ini dilakukan pemetaan berdasarkan segmentasi jenis
kategori yang diterbitkan .
Strategi pemasaran buku umumnya
dipengaruhi oleh ;
1. Faktor
Mikro yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.
2. Faktor
Makro yaitu demografi, ekonomi, politik, hokum, tekhnologi fisik dan social budaya.
Penerbit Andi merupakan penerbit
mayor yang tentunya memiliki strategi pemasaran sendiri sehingga buku
terbitannya bisa ada di mana-mana.
A. Strategi
pemasaran buku serangan udara (Online)
1. Pentingnya
transportasi digital untuk penjualan buku lewat online. Adapun manfaatnya
seperti;
-
Menyebarkan informasi produk secara massif
untuk target pasar potensial
-
Mendapatkan konsumen baru dan memepertahankan
konsumen yang sudah ada.
-
Menjaga kestabilan penjualan.
-
Menaikkan penjualan dan profit
-
Membentuk citra produk dibenak konsumen.
-
Mengubah tingkah laku8 persepsi dan
pendapata konsumen
2. Pemasaran
buku lewat komuniotas.
Gunakanlah jaringan komunitas kita untuk sarana promosi dan penjualan
buku.. Penjualan lewat komunitas akan lebih efektif dan efisien sehingga
tingkat keberhasilannya lebih tinggi.
B. Strategi
pemasaran buku serangan darat (ofline).
Untuk penetrasi pasar buku dan dapat menguasai seluruh wilayah nusantara
maka kita harus melakukan pemetaan wilayah terlebih dahulu dengan membuka canbang tiap kota besar yang memiliki potensi pemasaran sangat baik.
Strategi pemasaran buku serangan
darat ini dikelompokkan berdasarkan target pasar yang dituju;
1. Toko
Buku.
2. Direct
selling.
Jenis kategori ini dibagi menjadi
beberapatarget pasar;
-
Buku pendidikan (buku mata pelajaran
utama dan buku pendamping)
-
Buku tulis perguruan tinggi untuk semua
mata kuliah.
-
Buku refrensi untuk jenjang TK sampai
Perguruan Tinggi.
Dengan pemetaan jenis kategori
tersebut penerbit Andi sebagai industri penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran
dan menempatkan tenaga penjual (sales)di setiap wilayah kota dan
kabupaten sehingga memiliki 96 cabang di Indonesia yang tersebar dari Aceh sampai
Jayapura
Materi yang disampaikan oleh
narasumber dari Andi Offset menambah wawasan peserta tentang penerbit
Mayor.Kegiatanpun diakhiri dengan closing statement; Sebagai tenaga pemasaran
buku sangat bangga sebagai ujung tombak dalam menyebarluaskan karya-karya tulisan
ilmu pengetahuan yang sangat berdampak
melalui jalur non formal ikut
serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia..Menulis adalah berjuang.
Penulis adalah pahlawan yang akan dikenang selama-lamanya . Lembaran karya
adaqlah medan pertempuran, pena adalah senjatanya.”Buku adalah gudang ilmu,
kuncinya adalah membaca. Membaca adalah jendela dunia”.
Semoga bermanfaat
Rusmiyati
Gumi sasak
29 Juni 2022
mantap.....bu
BalasHapusLengkap resumenya 👍
BalasHapus